Perusahaan riset IDC baru-baru ini merilis sebuah laporan di pangsa pasar smartphone India. Hasilnya cukup mengejutkan. Ternyata di negara-negara berkembang, perangkat Apple iPhone yang dikenal mahal benar-benar mengalahkan ponsel Xiaomi dikenal value for money.
Dalam tren global saat ini lebih menerima telepon Cina murah dengan spesifikasi mumpuni, seperti Xiaomi, OnePlus, Meizu, dan sebagainya, tapi India akan memilih iPhone yang harganya di atas smartphone rata-rata.
Selama ini, India dianggap oleh banyak vendor ponsel sebagai negara berkembang di mana ponsel dengan harga murah akan dianggap lebih laku.
Menurut data IDC, pada kuartal keempat 2015, Apple menggeser Xiaomi di posisi ke-6 di pangsa pasar smartphone India, yang berdiri di pangsa pasar 4,6 persen, sedangkan Xiaomi hanya 3,5 persen.
Lima pangsa pasar tersbesar berturut-turut adalah Samsung, Micromax, Lenovo-Motorola, Lava, dan Intex, di mana Micromax, Lava dan Intex adalah merek lokal.
Yang lebih menarik, menurut Indiatimes, Apple lebih populer dari pada Xiaomi tidak hanya di kota-kota besar saja, tetapi di kota-kota seperti buffer di kota-kota lapis kedua dan ketiga.
Dikutip KompasTekno dari India Times, Kamis (2016/03/03), warga di India memiliki budaya membeli ponsel versi lama yang harganya turun ketika iPhone baru diluncurkan.
Popularitas tinggi iPhone di India juga menunjukkan bahwa mereka lebih suka smartphone berkualitas dari segi spesifikasi, daya tahan, dan kemudahan penggunaan.
Di Cina saja, Apple bisa mengalahkan Xiaomi pada tahun 2014 lalu, namun Xiaomi kembali posisi teratas pada akhir 2015, sementara Apple berada di posisi ketiga di belakang Huawei.
Dalam tren global saat ini lebih menerima telepon Cina murah dengan spesifikasi mumpuni, seperti Xiaomi, OnePlus, Meizu, dan sebagainya, tapi India akan memilih iPhone yang harganya di atas smartphone rata-rata.
Selama ini, India dianggap oleh banyak vendor ponsel sebagai negara berkembang di mana ponsel dengan harga murah akan dianggap lebih laku.
Menurut data IDC, pada kuartal keempat 2015, Apple menggeser Xiaomi di posisi ke-6 di pangsa pasar smartphone India, yang berdiri di pangsa pasar 4,6 persen, sedangkan Xiaomi hanya 3,5 persen.
Lima pangsa pasar tersbesar berturut-turut adalah Samsung, Micromax, Lenovo-Motorola, Lava, dan Intex, di mana Micromax, Lava dan Intex adalah merek lokal.
Yang lebih menarik, menurut Indiatimes, Apple lebih populer dari pada Xiaomi tidak hanya di kota-kota besar saja, tetapi di kota-kota seperti buffer di kota-kota lapis kedua dan ketiga.
![]() |
Sumber : www.kompas.com |
Popularitas tinggi iPhone di India juga menunjukkan bahwa mereka lebih suka smartphone berkualitas dari segi spesifikasi, daya tahan, dan kemudahan penggunaan.
Di Cina saja, Apple bisa mengalahkan Xiaomi pada tahun 2014 lalu, namun Xiaomi kembali posisi teratas pada akhir 2015, sementara Apple berada di posisi ketiga di belakang Huawei.
Sumber : www.kompas.com
No comments:
Post a Comment
Berkomentarlah dengan sopan dan santun