Pengantar.
Pengembangan diri adalah
kegiatan yang bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat
dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan
pengembangan diri berada di bawah bimbingan konselor, guru, atau tenaga
kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan
ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dapat dilakukan melalui
kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi
dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karier peserta didik
serta kegiatan ekstrakurikuler, seperti kepramukaan, kepemimpinan,
kelompok seni budaya, kolompok tim olahraga, dan kelompok ilmiah
remaja.
Kegiatan Ekstra
Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan
pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai
dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang
secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga
kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah
Fungsi Kegiatan Ekstra Kurikuler
- Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka
- Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik
- Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan
- Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.
Prinsip Kegiatan Ekstra Kurikuler
- Individual, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan potensi, bakat dan minat peserta didik masing-masing.
- Pilihan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang sesuai dengan keinginan dan diikuti secara sukarela peserta didik.
- Keterlibatan aktif, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang menuntut keikutsertaan peserta didik secara penuh.
- Menyenangkan, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler dalam suasana yang disukai dan mengembirakan peserta didik.
- Etos kerja, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang membangun semangat peserta didik untuk bekerja dengan baik dan berhasil.
- Kemanfaatan sosial, yaitu prinsip kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan untuk kepentingan masyarakat.
Jenis kegiatan ektra kurikuler.
- Karya Ilmiah, meliputi Kelompok Penggemar Mata pelajaran dan English Club, science club
Pelaksanaan Kegiatan
- Kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat rutin, spontan dan keteladanan dilaksanakan secara langsung oleh guru, konselor tenaga kependidikan di sekolah dan tenaga ahli dibidangnya.
- Kegiatan ekstra kurikuler yang terprogram dilaksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat, dan pelaksana sebagaimana telah direncanakan.
Penilaian Kegiatan
Hasil dan proses kegiatan ekstra kurikuler dinilai secara kualitatif dan dilaporkan kepada pimpinan sekolah dan pemangku kepentingan lainnya oleh penanggung jawab kegiatan.
Pelaksana Kegiatan
Pelaksana kegiatan ekstra kurikuler adalah pendidik dan tenaga kependidikan serta pelatih dari luar sekolah yang sesuai dengan kemampuan dan kewenangan pada substansi kegiatan ekstra kurikuler yang dimaksud.
Pengawasan Kegiatan
Kegiatan ekstra kurikuler di SMA Negeri 2 Woja dipantau, dievaluasi, dan dibina melalui kegiatan pengawasan.
Pengawasan kegiatan ekstra kurikuler dilakukan secara:
- Interen, oleh kepala sekolah
- Eksteren, oleh pihak yang secara struktural/fungsional memiliki kewenangan membina kegiatan ekstra kurikuler yang dimaksud, dalam hal ini oleh Wakil Kepala sekolah bidang kesiswaan dan para wali kelas.
- Hasil pengawasan didokumentasikan, dianalisis, dan ditindaklanjuti untuk peningkatan mutu perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah.
Program English Club
- Identifikasi
Ekstrakurikuler English Club merupakan wahana pendidikan bagi siswa yang memiliki bakat/minat dalam keterampilan berbahasa Inggris.
- Tujuan :
- Mengembangkan bakat dan minat siswa terhadap kemampuan berbahasa Inggris secara umum.
- Secara khusus untuk mempasilitasi dan membina siswa-siswa berpotensi dalam melakukan praktik berbahasa Inggris secara lisan maupun tulis.
- Identifikasi
Materi kegiatan ekstra kurikuler.
- Ragam teks berbahasa Inggris (genre exposed)
- Kemampuan baca tulis (literacy development)
- Strategi umum belajar mandiri (learner autonomy)
- Membaca keras (Reading Aulod)
- Strategi Membaca I
- Membaca pemahaman (reading comprehensions)
- Strategi Membaca II
- Creative Writing
- Story Telling
- Discussing and Debating
- Master of Ceremony
Klasifikasi Kegiatan
- Rutinitas:
- Pelaksanaan kegiatan rutin pertama dilakukan setiap hari Sabtu dimulai pukul 14.00 – 15.00 Adapun jenis kegiatannya adalah:
- Membaca teks narasi , deskripsi, dan recount.
- Berdiskusi (Tanya jawab dalam bahasa Inggris) seputar teks bacaan.
- Story Telling
- Menulis ringkasan cerita atau tanggapan (summary of review)
- Pelaksanaan kegiatan rutin kedua adalah melaksanakan kegiatan English every Day. Kegiatan ini dilakukan setiap hari Rabu dengan melibatkan seluruh civitas academic SMA Negeri 2 Woja dengan dimotori oleh para peserta English Club.
- Insidentil:
- Kegiatan insidental sifatnya menunjang kegiatan rutin dan pelaksanaannya hanya dilakukan sewaktu-waktu dengan menyesuaikan kondisi kegiatan belajar sehari-hari.
- Melakukan praktik lapangan
- Kunjungan ke perpustakaan
- Kontes/promosi
- Perlombaan
Mekanisme Pelaksanaan
Kegiatan pengembangan diri diberikan di luar jam pembelajaran (ekstrakurikuler) dengan dibina oleh guru-guru yang memiliki kualifikasi yang baik surat keputusan kepala sekolah
Struktur Kegiatan Ekstra Kurikuler
Terprogram.
Jenis Kegiatan
|
Sasaran
|
Substansi
|
Waktu
|
Tempat
|
Pelatih/Pelaksana
|
English Speach
|
Peserta
didik yang memiliki minat dan bakat dalam berpidato mengungkapkan bahasa
secara lisan
|
Melatih
peserta didik terampl dalam bercakap atau berpidato
|
Sore pukul
15.30 wita
|
Sekolah
|
Sofyan. S.Pd
|
Discusing and debating
|
Peserta
didik yang memiliki minat dan bakat dalam mengungkapkan pendapat secara lisan
|
Melatih
peserta didik cakap dan terampil berbahasa inggris
|
Sore pukul
15.30 Wita
|
Sekolah
|
Rahmi, S.Pd
|
Creative Writing
|
Peserta
didik yang memiliki minat dan dan bakat dalam menulis
|
Melatih
peserta didik kreatif dalam menulis bahasa inggris
|
Sore pukul
15.30 Wita
|
Sekolah
|
Maftuha Solihah, S.Pd
|
Mengetahui
Kepala SMA
Negeri 2 Woja
Ibrahim, S.Ip
NIP.1955123
11197703 1 060
|
Woja, 12
Maret 2014
Guru Pembimbing
Sofyan, S.Pd
NIP.19711019 199903 1 004
|
No comments:
Post a Comment
Berkomentarlah dengan sopan dan santun